Motorsport and Drivers

Driving Test Ducati

Ducati Xerox
BSA
News Update :

Searh Classic Motorcycles

Lijit Search

Modifikasi Honda GL 100 Jadi Berwajah Sangar

Wednesday, August 25, 2010 5:11 AM


Modifikasi Honda GL 100 Jadi Berwajah Sangar

Melalui sentuhan modifikasi dari tangan Abdul Aziz dari Magetan, Honda GL 100 gl 100berusia seperempat abad disulap jadi motor baru berwajah sangar namun jantan. Builder dari rumah modifikasi A1 Modified ini memadukan Cagiva V-Raptor 1.000 cc dengan Aprilia RSV4, tunggangan Max Biaggi di arena kejuaraan dunia balap superbike (WSBK).

Modifikasi Honda GL 100 Jadi Berwajah Sangar

Aziz merombak hampir semua bagian motor lawasnya itu. Bentuk depan misalnya, Aziz terinspirasi Cagiva V-Raptor 1.000 cc. "Tandanya bisa dilihat dari model semacam tanduk di bagian depan antara batok lampu dan tangki," bilang Aziz. Semua material untuk modif ini memakai pelat galvanis setebal 0,9 mm.
Sadar penggunaan pelat yang cukup tebal pastinya berimbas pada bobot motor secara keseluruhan. gl 100 modifikasiMakanya, di sini Aziz cukup jeli memadukan ubahan di bagian depan. Dimensi pelat besinya disesuaikan dengan pilihan batok lampu yang cabutan dari Honda Supra-X 125. "Harus hati-hati membuatnya sebab kalau kebesaran maka akan jelek. Makanya ukuran batok lampu itu salah satu acuan," paparnya.


Modifikasi Honda GL 100 Jadi Berwajah Sangar

Selain depan, untuk meminimalkan bobot, seluruh rangka diganti dengan menggunakan pipa tubular. gl100"Karena ingin mengejar tampilan," sebut Aziz. Seluruh rangka baru menggunakan pipa berdiameter 1 inci.

Bila bagian depan bernuansa sport, belakang lebih dahsyat lagi. Aziz meniru Aprilia RSV4. "Memang sport abis karena runcing dan nungging," kekeh pria ramah itu. Karena modelnya sport, maka jok pun didesain single seater.

Seluruh bagian motor ini full custom. Enggak hanya sekadar bodi, tetapi kaki-kaki mulai dari swing-arm hingga upside down pun custom. Inilah bagian yang jarang dilakukan builder lain. "Kebetulan, saya sering membuat upside down dan sekarang banyak terima order dari luar Jawa," ujar Aziz bangga.

Dalam membuat suspensi depan, Aziz masih menggunakan beberapa komponen standar. Shock asli dibubut dan dilanjutkan pakai sambungan baru. "Kemudian, saya custom pakai sistem drat. Di dalamnya ada 3 komponen terpisah," tambahnya. Adapun bagian luar shock dibungkus pakai pelat supaya tampak lebih kekar. (sumber: kompas.com)

0 komentar:

Post a Comment

 

© Copyright Old Classic and Vintage Motorcycles 2010 -2011 | Design by PaPi | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.